Tips untuk meredakan panas pada bayi

Posted by : Linda Hermawati di 6:51 PM

Beberapa minggu yang lalu saya dan suami dihebohkan dengan suhu tinggi our lil Key yang mencapai suhu 40 derajat celcius! sebagai newbie, kita berdua ketar ketir karena g tau ilmunya. ketika googling, ternyata panas tinggi 39 derajat aja musti diwaspadai, karena takut anak kejang. 

Key mulai panas setelah bangun dari tidur siangnya, setelah di cek suhu nya menggunakan termometer, ternyata sudah 38 derajat, sampai sore mencapai 39 derajat. akhirnya saya dan suami memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit. dirumah sakit langsung ditangani. berikut hal-hal yang di jelaskan oleh dokter
(berdasarkan yang saya tangkap :D)
pertama :
  • suhu tubuh bayi / anak normal ada sekitar 36 derajat
  • suhu tubuh 37 derajat itu, disebut "anget" * Bu ibu suka denger kan istilah : "wah anak saya anget niy badannya ". ada istilah dokternya cuma lupa namanya :D
  • suhu tubuh 38 itu sudah dikatagorikan demam, jadi harus waspadai
  • suhu tubuh 39 - 40 derajat, wah ini harus segera ditangani, karena jika lama ditangani akan membuat bayi kejang.

"anak saya panas, apa yang harus saya lakukan?" nah, kalau sudah suhu 38 derajat ++ , berikut hal-hal yang harus dilakukan :
  • buka semua baju anak, kompres dengan air hangat, titik pusat ada di leher ketiak dan selangkangan, so, kompres di daerah tersebut. tidak di anjurkan menggunakan air dingin, karena akan membuat anak menggigil / demam
  • berikan obat penurum panas / paracetamol, saya di beri obat namanya sanmol paracetamol, 6 jam sekali sesuai dosis
  • banyak beri air putih  / asi
  • jemur bayi pada pagi hari (sekitar jam 7-8)
  • kalau masih belum turun juga, sepertinya perlu penanganan medis

thanks untuk dokter dan suster di Rumah sakit aulia yang gak segan berbagi ilmu nya :)











1 komentar:

Anonymous said...

sanmol = sanbe paracetamol :)

Post a Comment