Recipe : Menu Alternatif Karbo

Posted by : Linda Hermawati di 12:33 AM Ada kalanya Key suka mogok makan, gak mau makan nasi, nah cara ngatasinnya saya buat cemilan yang bahan utama nya karbo. ini nih salah satunya... tara.....


Sweet Potato.
bahan utamanya ubi. biar manis, saya pilih pake ubi cilembu. lalu ada unsalted butter / butter dan keju cheddar. cara buat nya gampang banged. ubi di kupas dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan diwadah tahan panas (saya pakai aluminium foil ) lalu dicampur dengan parutan keju dan butter. setelah tercampur taburi bagian atas dengan keju parut, stelah itu dipanggang deh (kadang saya kukus :D)

Sweet Corn
Jagung manis dipipil setelah itu dikukus, nah selagi panas saya tambahkan susu kental manis dan keju. nb: susu nya saya kasih hanya sedikit


Bubur sum-sum
nah kalau ini harus 2 step kerjanya. bkin bubur dan kuahnya. 
untuk buburnya, saya buat dari tepung beras yg emang giling sendiri berasnya. lalu pakai parutan kelapa yg agak muda, tapi kalau lagi nggak ada kelapa terpaksa pake santan instan. dan sedikit garam juga daun pandan biar wangi.
cara buatnya
: tepung beras dicampur dengan air santan ( airnya yg banyak ya biar g cepet gosong
) tambahkan sejumput garam, lalu masukan juga daun pandanya. setelah itu dimasak di api kecil sambil diaduk dan sampai meletup-letup. setelah itu angkat.
untuk kuahnya. saya buat dari gula merah dicampur air dan ditambahkan daun pandan biar wangi. (bisa juga pakai nangka biar lebih wangi
) lalu dimasak sampai mendidih. angkat dan sajikan. 

nb: saya tidak menggunakan ukuran fix. tp dengan ilmu kira2 
:D. 
menu diatas saya beri untuk key ketika dia diatas 1 tahun.

sebernya banyak alternatif lain nya juga. seperti membuat serabi, martabak dll. tergantung dari kreasi dan mood kita aja. 

0 komentar:

Post a Comment