Birul Walidain (Berbuat Baik kepada Kedua Orang Tua)

Posted by : Linda Hermawati di 8:51 PM

Bismillahirahmanirahim…

Ternyata berbakti kepada kedua orang tua itu telah diatur dalam Al-Qur'an yaitu surat Al-Isra ayat 23 , 24 dan surat Al –Luqman ayat 14 dan 15, yang artinya adalah sebagai berikut :

Qs. Al-Isra : 23,24 :

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada Ibu Bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut pemeliharaan mu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan jangan lah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (23) Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah 'wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil'(24)"


Qs. Al-Luqman : 14,15 :

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam usia 2 tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua kedua orang tuamu. Hanya kepadaku kembalimu.(14)dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya didunia dengan baik, dan ikutilah jalan oran yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.(15)"

Jadi, intinya adalah berbakti kepada orang tua itu wajib dilakukan karena emang sudah diperintahkan Allah melalui manual book manusia yaitu Al-qur'an. 3 ibadah yang dicintai Allah SWT adalah sebagai berikut :

- Solat Tepat Waktu

- Berbakti kepada Orang Tua

- Berjihad dijalan Allah

Nah salah satu ibadah yang dicintai Allah adalah berbakti kepada orang tua, dan itu menempati posisi kedua setelah solat tepat waktu. Bagaimana cara kita berbakti kepada orang tua? Emm,seperti yang tercantum dalam surat Al-Isra tadi yaitu mendoakan , dan jangan berkata "ah" kepada orang tua, jangan menyakiti nya, menghormatinya dan memberikan kasih sayang kepada orang tua kita. Sedangkan jika orang tua kita telah meninggal, maka ada 5 hal yang harus dilakukan anak sebagai cara berbakti kepada orang tua, yaitu :

- mendoakannya

Karena ada 3 hal yang akan dibawa jika kita telah meninggal, yaitu ilmu yang bermanfaat, amal jariah dan doa anak kepada orang tuanya. Maka jangan lupa untuk terus mendoakan orang tua kita ketika orang tua kita masih ada ataupun telah meninggal

- memohon Ampun

- Melaksanakan Janji orang tua kita sewaktu orang tua kita masih hidup

- Memuliakan teman-teman orang tua kita

- Menjaga silaturahim dengan teman-teman / saudara-saudara orang tua kitah

0 komentar:

Post a Comment