Hijab

Posted by : Linda Hermawati di 9:16 PM

Bismillahirohmanirahim..

Menurut arti hijab adalah penutup.

"Wahai anak cucu Adam! Sesungguhkan Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, adaah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat" (QS. 7 : 26)

"Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, 'hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereke'. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah maha Pengampun, Maha Penyayang" (QS. 33:59)


 

"Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasaan nya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara laki-laki mereka, atau kepada putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara permpuan mereka, atau kepada para perempuan (sesame Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau kepada para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan terhadap perempuan, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan jangan lah mereka menghentakkan kaki kakinya agar diketahui perhiasan mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung ( Qs. 24:31h)"


 

Ternyata berhijab adalah suatu ibadah yang memang harus dilaksanakan oleh muslimah, sama halnya seperti solat, puasa dan ibadah yang lain. Karena telah diterangkan diatas bahwa menutup aurat adalah suatu kewajiban. Nah apa itu jilbab? Jilbab adalahsejenis baju kurung yang lapang, tidak tipis menutup dada, kepala dan wajah. So, dari penjelasan tadi dapat ditarik kesimpulan jika berjilbab itu tidak boleh ketat harus lapang, tidak boleh tembus pandang, harus menutupi dada.


 

Tabarruj : berhias => wanita yang memamerkan keindahan tubuhnya, dan menampakan perhiasannya kepada laki-laki. Sedangkan menurut syariah, tabarruj adalah setiap perhiasan / kecantikan yang ditunjukkan wanita kepada yang bukan muhrimnya.


 

Poin-poin dalam bertabarruj :

  1. Hendaklah bertabarruj yang tidak dilarang agama
  2. Tidak mengandung penerupaan diri terhadap orang kafir
  3. Jangan sampai menyerupai kaum laki-laki dalam segala sisinya
  4. Jangan berbentuk permanen
  5. Jangan mengandung perubahan terhadap ciptaan Allah SWT
  6. Jangan mengandung bahan yang berbahaya terhadap tubuh
  7. Jangan sampai menghalangi air masuk ke kulit / rambut
  8. Jangna mengandung pemborosan
  9. Jangan membuang waktu
  10. Penggunaan nya jangan sampai membuat wanita takabur
  11. Terutama dilakukan untuk suami
  12. Jangan bertentangan dengan fitrah
  13. Jangan sampai menampakkan aurat ketika dikenakan
  14. Jangan sampai meninggalkan kewajiban

That's point2 penting tentang tabarruj, semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment