Resolusi 2014

Posted by : Linda Hermawati di 2:37 AM Mumpung masih bulan Januari, masih semangad untuk membuat resolusi taun ini.
Menurut saya, definisi resolusi tahunan adalah target capaian yg ingin kita capai dalam kurun waktu 1 tahun, dalam hal ini tahunnya adalah tahun 2014. berikut adalah tahapan-tahapan yang saya lakukan dalam membuat resolusi 2014 :
1. Catat
Ini penting banged. kalau nggak dicatat, bisa-bisa kita lupa lagi apa aja target kita tahin ini :D
lalu selain itu juga fungsi mencatat ini  adalah untuk mengevaluasi resolusi kita di akhir tahun. apakah banyak yg tercapai atau ngak.
2. Break down
Sebelum mencatat resolusi, ada baiknya kita mengelompokkan target -target kita dalam kategori. kalau saya, saya membuat resolusi menggunakan mind map, jadi meta in nya gampang :). saya buat judul besar-besar RESOLUSI 2014, setelah itu saya bagi menjadi beberaaa bagian, contohnya : pendidikan, keluarga, finansial, diri sendiri, ibadah, dan lain-lain. *keterangan bisa lihat gambar yg saya sisipkan*
Nah kalau sudah dibuat per kelompok baru deh kita tulis target kita pada sub sub nya, misalkan dalam bidang ibadah : one day one juz, lalu mau solat malem tiap hari, dll. begitu seterusnya
3. Cetak dan pajang di tempat yang sering dilihat
hehehee.. kalau sering dilihat dan dibaca kan jadinya ada passion untuk mewujudkan rarget hidup kita
4. Buat jurnal harian, mingguan, bulanan
Nah ini juga salah satu yang penting. fungsinya untuk evaluasi dan menjadi acuan untuk lebh baik. kita buat daily checklist untuk target harian, misalkan targetnya tiap hari bangun sebelum jam 5, maka buat list dr tgl 1-31 untuk item "bangun sebelum jam 5". begitu seterusnya.
nah mudahkan? selamat mencoba :)

0 komentar:

Post a Comment